Saat ini aplikasi TikTok kini tidak hanya digunakan untuk melakukan interaksi sosial saja. Aplikasi ini kini banyak dimanfaatkan oleh pebisnis sebagai tempat untuk berjualan. Dengan membagikan berbagai jenis video berdurasi pendek, tidak sedikit yang bisa laris jualan di TikTok. Para penjual tersebut memanfaatkan fitur jual beli yang disediakan oleh TikTok yaitu TikTok Shop. Di lain pihak, konsumen juga tertarik untuk terus membeli produk melalui TikTok karena banyak promo-promo yang ditawarkan di sana.
Apa itu TikTok Shop?
Aplikasi TikTok tidak hanya memungkinkan penggunanya untuk mengunggah dan menonton video saja. Kini para pengguna media sosial ini juga bisa berbelanja melalui TikTok Shop. Fitur tersebut merupakan fitur belanja online yang disediakan oleh TikTok supaya penggunanya dapat berjualan dan berbelanja online
Sosial media yang berasal dari China ini berbeda dengan media sosial lainnya yang secara otomatis mengarahkan penggunanya menuju website dari penjual. TikTok Shop justru mengarahkan penggunanya untuk berbelanja langsung tanpa perlu masuk ke aplikasi lainnya. Hal ini tentunya bisa mempersingkat waktu pengguna TikTok Shop ketika mau berbelanja dan menyelesaikan transaksi pembelian produk.
Kegunaan TikTok Shop untuk Bisnis
Fitur TikTok Shop menyediakan banyak kelebihan yang bermanfaat untuk bisnis. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak pebisnis yang memanfaatkannya. Lalu apa saja manfaat TikTok Shop untuk mengembangkan bisnis kita?
1. Dapat Menjual Segala Jenis Produk
Pengguna TikTok Shop dapat menjual produk apa saja. Platform ini dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Apalagi TikTok merupakan media sosial yang mempunyai pengguna paling banyak dan paling sering dikunjungi.
Kondisi tersebut membuat pebisnis memiliki banyak peluang untuk memperluas pasar dan menarik banyak pelanggan. Baik bisnis kecil maupun bisnis yang sudah besar, sama-sama memiliki peluang untuk menjangkau konsumen yang luas.
2. Meningkatkan Penjualan
Pengguna TikTok saat ini berjumlah sekitar 800 juta orang. Jumlah yang cukup banyak untuk meningkatkan penjualan. Bahkan menurut survey, rata-rata pengguna aktif dari TikTok biasanya membuka aplikasi tersebut sebanyak 8 kali dalam sehari. Jumlah yang fantastis, bukan?
Makanya tidak heran kalau TikTok ini termasuk salah satu media yang cocok digunakan untuk jualan online. Penggunanya yang banyak bisa dijadikan target market yang meningkatkan penjualan.
3. Memudahkan Konsumen Berbelanja
TikTok kini menjadi salah satu media sosial sekaligus platform belanja online, sehingga penggunanya tidak perlu lagi marketplace untuk berbelanja. Dengan aplikasi TikTok konsumen akan lebih mudah belanja karena TikTok Shop menggabungkan marketplace dengan media sosial. Jadi konsumen hanya perlu menggunakan satu platform untuk berbelanja sekaligus bermedia sosial. Pastinya jadi lebih praktis, deh!
Cara Laris Jualan di TikTok
Banyaknya pengguna media sosial dan tingginya minat masyarakat pada platform tersebut membuka peluang besar bagi pebisnis untuk memasarkan produk mereka. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar jualannya laris adalah sebagai berikut.
1. Membuat Akun Bisnis
Hal pertama untuk berjualan di TikTok Shop yaitu mengubah akun TikTok pribadi kita menjadi akun bisnis. Cara mengalihkan akun pribadi menjadi akun bisnis cukup mudah.
- Klik “saya” kemudian ketuk tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
- Lalu klik “kelola akun saya” dilanjutkan klik “alihkan ke akun bisnis”
- Lanjutkan dengan memilih kategori bisnis yang sesuai dengan produk kita.
- Setelah itu edit profil. Pasang foto profil yang menarik dan isi bio dengan keterangan yang lengkap.
- Pastikan sudah menambahkan link toko online milik kita.
2. Membuat Konten yang Menarik
Setelah mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis, buatlah konten yang menarik. Mengunggah konten yang menarik, dapat menarik pengguna TikTok untuk melihat bisnis dan produk yang dijual. Oleh karenanya buatlah konten yang menarik secara konsisten.
Untuk awalnya, buat dahulu konten yang memperkenalkan bisnis kita. Lalu buat konten yang berisi tentang perkenalan produk kita, sistem penjualannya, cara pengemasannya, dan info lainnya. Pilihlah lagu/musik dan filter yang sedang trend di kalangan pengguna TikTok agar konten yang dibuat bisa viral.
3. Berikan Caption yang Unik dan Menarik
Buatlah caption yang unik dan menarik untuk memperkenalkan bisnis dan produk yang akan dijual. Pastikan memerhatikan nama produk, informasi tentang produk yang dijual, harga produk dan informasi penting lainnya tentang produk. Semakin unik dan menarik caption yang dibuat, maka semakin besar peluangnya pengguna TikTok tertarik pada produk kita.
4. Manfaatkan Fitur TikTok
Agar laris jualan di TikTok Shop, manfaatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi TikTok. Fitur yang ada di sana bisa membuat video konten kita terlihat lebih menarik perhatian konsumen Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan yaitu fitur Unique Solution atau solusi keterlibatan unik. Fitur tersebut bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen dengan cara membalas komentar atau mengirim pesan singkat.
5. Posting Konten di Waktu Terbaik
Supaya konten yang diposting bisa dilihat oleh banyak orang atau viral, penting sekali memperhatikan waktu tayang yang tepat. Sebaiknya mengunggah konten TikTok antara jam 10 pagi hingga jam 1 siang atau malam hari ketika banyak pengguna yang membuka aplikasi TikTok.
6. Konsisten dan Gunakan Hashtag
Agar brand awareness kita meningkat, sebaiknya konsisten dalam mengunggah konten. Semakin sering mengunggah konten, maka kesempatan video kita dijangkau oleh audiens akan semakin besar. Dan yang tidak kalah penting, sebaiknya menggunakan hashtag yang relevan dan banyak diikuti oleh audiens. Pengaruh penggunaan hashtag ini sangat besar karena bisa membuat konten kita menjadi dikenal banyak orang.
7. Memasang Iklan
Tidak ada salahnya untuk memasang iklan, apabila memiliki budget lebih. TikTok Ads bisa membuat bisnis kita menjangkau masyarakat luas. Ada beberapa jenis iklan yang tersedia di TikTok yaitu iklan pra-putar, promosi tantangan hashtag, efek bermerek dan iklan dalam feed.
8. Menambahkan Produk di Etalase
Perlu ada produk yang dijual ketika mau berjualan, bukan? Supaya penjualan maksimal, kita bisa menambahkan produk di etalase dengan cara mengakses TikTok Shop Seller Center. Dan pastikan toko kita sudah terverifikasi.
Klik opsi “Add First Product di laman utama, kemudian klik “Add Product” untuk mulai menambahkan produk yang akan dijual. Selanjutnya lengkapi deskripsi dan nama produk serta kategori.
Meningkatkan Omzet dengan Manajemen Bisnis yang Baik
Memasarkan produk dengan memanfaatkan aplikasi TikTok merupakan salah satu cara untuk meningkatkan bisnis. Selain mengoptimalkan pemasaran untuk meningkatkan omzet, perlu diperhatikan juga cara melakukan manajemen bisnis yang baik.
Mencatat semua transaksi bisnis itu penting, meskipun bisnis masih kecil tetapi tetap harus ada pencatatannya. Seperti misalnya mencatat stok barang. Mengelola stok barang dalam jumlah kecil mungkin masih mudah dilakukan. Namun apabila jumlah barangnya meningkat, tentunya cara mengelola stok barang akan lebih rumit lagi.
Untuk mengelola sistem bisnis dengan baik, bisa lebih praktis menggunakan aplikasi kasir. Kita bisa lebih mudah mengontrol operasional usaha dengan menggunakan Aplikasi POS. Fitur yang tersedia di aplikasi tersebut bisa membantu pebisnis mengelola operasional toko, seperti transaksi penjualan, mengontrol stok barang dan pencatatan keuangan.
Mengenal Aplikasi Kasir iReap
Manajemen bisnis akan lebih mudah dan praktis bila menggunakan aplikasi POS (Point of Sale) yaitu aplikasi yang dirancang untuk kemudahan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta retail. Sedangkan iReap sendiri adalah Integrated Retail Application yang dapat membantu para pebisnis dalam mengoperasionalkan toko mereka. Aplikasi kasir iReap POS terdiri dari dua versi yaitu iReap POS Lite dan iReap POS PRO. Perbedaan lebih jelasnya tertera pada infografis berikut:
Manfaatkan Aplikasi iReap POS Agar Laris Jualan
Bagi pemilik usaha yang ingin lebih mudah dan praktis dalam mengelola bisnisnya, bisa mengandalkan aplikasi kasir ini. Karena aplikasi POS sudah dipercaya oleh 400.00 pebisnis dari lebih 100 negara.
Ternyata manfaatnya sangat berguna untuk meningkatkan penjualan, loh! Menggunakan aplikasi POS (Point Of Sale) bisa mengelola toko dengan lebih efisien secara waktu dan tenaga. Pelayanannya pun bisa lebih cepat karena adanya dukungan barcode scanner. Selain untuk jual beli fitur barcode scanner ini juga bisa digunakan untuk memantau stok barang.
Dengan iReap POS, penjual juga bisa lebih mudah memberikan rincian belanja kepada konsumen melalui struk yang dicetak.
Manfaat penggunaan aplikasi kasir ini sangat mendukung manajemen bisnis, bukan?

Nah, selain meningkatkan penjualan dengan menggunakan TikTok Shop, penggunaan iReap POS juga bisa memaksimalkan pengelolaan bisnis kita. Jadi bagi pelaku bisnis yang ingin laris jualannya, segera cobain aja aplikasi kasir iReap POS, supaya manajemen bisnisnya lebih optimal.
Salam takzim
Komentar
Posting Komentar