Minggu pagi 9 Juli 2023 lalu, seputaran Gedung Sate dan lapangan Gasibu kondisinya ramai melebihi biasanya. Sebagai lokasi car free day setiap minggu pagi, kawasan di Jalan Diponegoro Bandung ini memang selalu ramai dengan masyarakat sekitar yang berolah raga dan kulineran. Namun pagi itu, kawasan tersebut benar-benar bagai lautan manusia.
Selain event car free day, di area Gedung Sate juga diselenggarakan event Karya Kreatif Jawa Barat & Pekan Kerajinan Jawa Barat. Pantas saja, ramai sekali! Begitu memasuki kawasan depan Gedung Sate, saya langsung disajikan perform peragaan busana yang menampilkan eco-fashion. Ternyata di acara yang digagas oleh Bank Indonesia dan Dekranasda Jawa Barat tersebut sedang mengadakan lomba fashion show. Para peraga busana yang berjalan melenggak lenggok di atas panggung memeriahkan lomba Ngabaraya Fashion Walk dengan tema Office Look dengan Wastra Jawa Barat.
Showcase Produk UMKM Premium Jawa Barat
Selain menyajikan hiburan yang menarik, peragaan busana dengan Wastra Jawa Barat juga bisa mengangkat citra budaya daerah dan mendukung pengembangan UMKM di daerah Jawa Barat. Pelaksanaan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) yang diusung Bank Indonesia ini dikolaborasikan dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) yang merupakan program Dekranasda Jawa Barat. Event ini sekaligus juga mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, loh!
Buktinya aja, di Pavilion Dekranasda Jawa Barat terdapat 75 booth UMKM yang memamerkan produk kerajinan lokal. Tidak hanya di Paviliun Dekranasda Jawa Barat, saya juga melihat berbagai produk unggulan UMKM yang termasuk dalam binaan BI di Pavilion UMKM Bank Indonesia. Pameran produk UMKM tersebut mengusung konsep eco living. Sesuai dengan tema acaranya yaitu Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat.
Peserta UMKM yang menggelar produknya di acara Karya Kreatif Jawa Barat - Pekan Kreatif Jawa Barat itu terdiri dari produk craft, fashion, kuliner dan coffee and tea. Ketika saya melihat-lihat produk yang dipajang, ada salah satu booth yang ramai pengunjung. Penasaran, saya langsung ikut mendatanginya. Ternyata di sana tersedia produk tas anyaman dengan harga terjangkau. Cukup banyak juga masyarakat yang tertarik dengan tas anyam dengan berbagai ukuran dan bentuk itu
Java Tea Experience
Pada bagian belakang Gedung Sate saya pun mengunjungi sebuah booth dengan tulisan Java Tea Experience. Di bagian dalam booth tersebut ada beberapa pengusaha maupun komunitas yang menampilkan produk teh artisan yang mereka miliki dan mengenalkannya kepada masyarakat.
Java Tea Experience (JTE) 2023 ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat – Pekan Kreasi Jawa Barat yag mengangkat keragaman cita rasa teh artisan Jawa Barat yang berbeda dari teh pada umumnya. Saya dan pengunjung yang lain diberi kesempatan untuk bertanya segala hal tentang produk yang dipamerkan dan mencicipi cita rasanya.
Target diadakannya JTE 2023 ini sendiri yaitu mengundang pebisnis untuk membuka peluang kolaborasi dalam bisnis teh. Dengan mengusung konsep experiental event, JTE tahun ini juga memberi pengalaman yang mengesankan kepada pengunjung karena bisa melihat langsung berbagai pelaku usaha di industri teh, mulai dari brand teh artisan hingga industri yang mendukungnya.
TikTok Competition KKJB-PKJ 2023
Ada satu hal yang unik di acara perhelatan yang berupaya mendorong daya saing UMKM dalam rangka Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif ini. KKJ-PKJB 2023 yang merupakan kerja sama antara Bank Indonesia, Kementrian dan Kelembagaan terkait, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat, Perbankan, dan instansi terkait ini dilaksanakan secara hybrid. Ada yang disajikan secara langsung dan ada yang digelar secara online. Salah satunya kompetisi Tiktok.
Kompetisi karya kreatif ini dapat diikuti oleh semua warga Jawa Barat yang berusia minimal 18 tahun. Peserta mengikuti lomba menggunakan akun tiktok sendiri dan mengunggah video original dan bukan repost.
Tema perlombaan tiktok ini adalah tarian yang menggunakan wastra Jawa Barat. Konten videonya sendiri dapat diikuti oleh kelompok dengan anggota 2 hingga 10 orang. Dan peserta juga diberi kesempatan untuk mengirimkan video lebih dari satu. Supaya peluang menangnya bisa lebih besar, bukan?
Gerakan Bangga Buatan Indonesia
Dari semua acara KKJ-PKJB 2023 yang menampilkan pesona wisata Jawa Barat yang dirangkai dalam berbagai atraksi budaya Jawa Barat, Fashion Show dan kegiatan lainnya, jelas terlihat acara ini mendukung Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).
Diharapkan acara yang digelar setiap tahunnya ini bisa mendorong generasi bangsa untuk lebih memilih produk buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia.
Setelah melihat meriahnya acara yang sempat terhenti karena hujan, saya berharap bisa melihat acara Karya Kreasi Jawa Barat- Pekan Kreasi Jawa Barat di tahun berikutnya. Masyarakat juga bisa mendukung acara dengan membeli produk dalam negeri dan mendorong pemulihan ekonomi.
Salam takzim
Komentar
Posting Komentar